@Rhenald_Kasali Tentang Seperti Apakah Kurikulum Harus Berubah

unduhan (1)

@Rhenal_Kasali Founder Rumah Perubahan photo source : http://id.wikipedia.org/wiki/Rhenald_Kasali

 

RT @Rhenald_Kasali: Seperti apakah kurikulum kita hrs berubah? Ini pemikiran2 sy yg sy terapkan di Podomoro Univ dan kelas2 sy di UI… (1)

RT @Rhenald_Kasali: (2). Pendidikan kt slm ini mengajak think-think-and think. Ini melahirkan metode Think – Think – Your Way – to Action. Harusnya mnjadi …

RT @Rhenald_Kasali: (3) Hrsnya menjadi Action Your Way To Think… Dimulai dr small steps of Action, then you reflect to think, adapt, change, think again…

RT @Rhenald_Kasali: (4) Intinya perenang hrs berenang, kenal air dulu, baru stlh itu dibawa ke ruang kelas dan berdiskusi…it is ok to make a mistake…

RT @Rhenald_Kasali: (5) Ini dknal dg istilah ETA (Entrepreneurship Thought & Action). Tak hrs jd entrepner ttp ambil mnfaat cr brpikir ilmuwn yg entrepreneurial

RT @Rhenald_Kasali: (6) Kedua, belajar hrs menyenangkan. Sekolah/kampus bukan tempt untk memamerkan kehebatan guru/mahaguru/ dosen, melainkan….

RT @Rhenald_Kasali: (7) Melainkan untuk memamerkan kehebatan murid/siswa/mhsiswa yang datang dari berbagai talenta

RT @Rhenald_Kasali: (8) Maka hny dosen kuno yg berannggapan dirinya paling benar. Biasanya dosen kuno suka gerendeng, mudah menyalahkan org lain

RT @Rhenald_Kasali: (9) Dosen kuno juga reaktif, br baca judul tulisan orang lain sdh bereaksi, tak ada refleksi, hanya ada kata “anda salah”

RT @Rhenald_Kasali: (9) Dosen kuno yg sy maksud itu hny merasa dirinya yg benar, orang lain sll salah krn ia “miskin perspektif” & tak kenal talenta pd bdg lain

RT @Rhenald_Kasali: (10) Dosen kuno spt itu berpikir, kampus atau label besar kampusnya adalah tempat untuk mempertontonkan kehebatan dirinya, bkn siswanya

RT @Rhenald_Kasali: (11) Ciri2 lainnya: sinisme, menyindir di belakang, senang mengejek dgn kata2 negatif, parasutnya (mksd sy otaknya) tertutup…

RT @Rhenald_Kasali: (12) nanti kita teruskan lagi ya….

RT @Rhenald_Kasali: (13) Kurikulum yg sekarang pun hrs disederhanakan. Jmnlh SKS terlalu bnyk, shg jumlah mt kuliah bnyk skl dn mbuat pmbelajar tidak focus

RT @Rhenald_Kasali: (14) Selain terll bnyk, masing2 dinilai sedikit: 2-3 SKS, jd jumlah topik terpisah yg tdk menyatu smakin bnyk.

RT @Rhenald_Kasali: (15) Sebaiknya jumlh mt kuliah dirampingkan, menjadi maks 130 sks dan perbanyak mata kuliah dgn 4 SKS, shg jumlh mt kuliah berkurang

RT @Rhenald_Kasali: (16) Bangunan perkuliahan pun hrs dibuka dgn matakuliah yg membentuk kita sbg ilmuwan: Who Am I….

RT @Rhenald_Kasali: (17) Di Univ papan atas ini disebut dg liberal arts, yg brp fine arts (termasuk teater), economics, math, history & philosophy, kebangsaan..

RT @Rhenald_Kasali: (18) Bahasa Indonesia bs diberikan dlm bentuk writing skills dan public speaking atau teknik presentasi dgn bhs Indonesia yg baik dan benar

RT @Rhenald_Kasali: (19) Mata kuliah hrs diperkaya dengan kuliah tamu dr para praktisi, kunjungan kerja, refleksi dari aktivitas, dan co-curiculler…

RT @Rhenald_Kasali: (20) Hendaknya pr ilmuwan tak usah malu2 mengakui bidang studinya sbg ilmu terapan kalau mereka bukan basic science….sehingga….

RT @Rhenald_Kasali: (21) Sbg bidang ilmu terapan, maka lulusan akan harus siap pakai, siap menggunakan keahliannya, action oriented…maka…

RT @Rhenald_Kasali: (22) Maka… Dalam program study dibentuk bukan hny pengetahuan, melainkan juga sikap profesi, ethics, dan ketrampilan…

RT @Rhenald_Kasali: (23) Maka praktek menjadi penting, dan career development center hrs aktif, student’s life hrs hangat dan kaya aktivitas…

RT @Rhenald_Kasali: (24) Mnjd prtnyaan, apkh skripsi or laporan praktek kerja yg hrs diserahkan mhsw mengingat applied science bkn ut melahirkan scientist murni

RT @Rhenald_Kasali: (25) Mengingat pruralism dan diversity Indonesia, penting bg kaum intelektual terekspose dlm pergaulan yg beragam dan mengajarkan toleransi

RT @Rhenald_Kasali: (26) Beberapa tips untuk pr pendidik sbg berikut….Pertama, ubah cr mngajar dr faculty centered ke student centered, buat student lbh aktif

RT @Rhenald_Kasali: (27) Ajak mhsw msk dalam jejaring aktif dgn para praktisi

RT @Rhenald_Kasali: (28). Lebih terbuka, melahirkan manusia2 baru yg bergerak ketimbang hny menjadi “sarjana kertas”…

RT @Rhenald_Kasali: (29) Integrasikan sejumlah matakuliah yang biasa saling bertabrakan, alihkan matakuliah yg blm saatnya diberikan pd program S2 atau S3

RT @Rhenald_Kasali: (30) Ingatlah, anak-anak bukanlah orang dewasa dlm bentuk mini. Dan progrm S1 applied science bukanlah basic science (S3) dlm bentuk mini

RT @Rhenald_Kasali: (31) Bagi pengampu basic science, sy hrp anda tak prl trsinggung dgn posting2 sy di atas. Anda tetap exist dan sgt dibutuhkan. Pede sj ya.

RT @Rhenald_Kasali: (32) Kritik ini terutama ditujukan kpd masyarakat pendidikan dkm applied science… Walaupun…

RT @Rhenald_Kasali: (32) Walaupun betapa “hebatnya” kita merasa, akan jauh lbh hebat bl saudr bisa membuat anak didik lebih hebat dr sdr… Dan itu….

RT @Rhenald_Kasali: (33) Dan itu…butuh kerendahatian, kesungguhan, dan membuang ego keilmuan…sy tahu kalian memang hebat..hny kurang rendah hati saja

RT @Rhenald_Kasali: (34) Saya kira anak didik kita akan setuju bila kita semua menjalankan prinsip2 keguruan dengan kebaikan, bukan kesombongan..

Source: www.twitter.com/Rhenald_Kasali kultwit tgl 22 Maret 2014

Follow me on twitter @Khandek_sptr

www.twitter.com/Khandek_Sptr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s