Neil Papworth Si Penemu SMS yang Berawal dari Keisengan

article-0-0F14F5E700000578-601_233x363

Sms pertama kali ditemukan pada musim dingin, pada suatu pagi 3 Desember 1992. Salju tebal yang masih menyelimuti Inggris Raya tak menghalangi Neil Papworth, insinyur di Airwide Sulution, untuk melanjutkan eksperimennya. Dengan mengotak-atik komputer dan perangkat telekomunikasi, Papworth mengirim ucapan “MERRY CHRISTMAS” kepada koleganya, Richard Jarvis. Ketika itu Jarvis sedang menggunakan layanan telekomunikasi GSM Vodafone di Inggris.

Waktu itu, Papworth mengirim pesan pendek (SMS) dari komputer ke ponsel Richard Jarvis. Jadi, bukan dari ponsel ke ponsel layaknya saat ini. “Adopsi SMS termasuk lambat, karena SMS ataroperator pada saat itu belum bisa dilakukan, dan pengguna usia muda baru mulai memakai ponsel pada akhir 1990-an.” Ujar Andrew Bud, managing director mBlox, perusahaan SMS transmission, sepuluh tahun setelah Papworth mengirim SMS-nya untuk pertama kali. Saat itu, banyak perusahaan semacam mBlox bisa hidup dengan menjadi  ‘perantara’ pengiriman SMS dari satu pelanggan operator ke pelanggan operator lainnya.

Sepanjang kisah tentang Neil Papworth ini mirip dengan seperti kisah para penemu lainnya, yang secara tidak sengaja, dan tidak pernah terlintas sedikit pun, ternyata mampu mengubah dunia. Ini mirip dengan kisah Martin Cooper ketika menemukan ponsel, atau si penemu Facebook  Mark Zuckerberg. Semunya serba kebetulan, meskipun pada akhirnya semua orang di seluruh dunia menggunakan temuan mereka.

Menariknya, berbagai temuan itu selalu menyertakan anak-anak muda sebagai faktor pengubah gaya hidup digital, sehingga bisa diterima dan pada akhirnya digunakan secara luas di masyarakat. Kata Papworth, “Saya adalah insinyur muda yang bekerja dengan teknologi komunikasi yang baru. Saya cuma berpikir SMS adalah cara cerdik buat staf perusahaan berkirim pesan singkat ke yang lain. Ketika itu tak pernah terbersit sedikit pun bahwa SMS akan menjadi sedemikian popular seperti saat ini,” kata Papworth merendah. Neil Papworth ketika pertama kali mengirim sms ke temannya baru berumur 22 tahun.

Sumber: Rhenald Kasali, Cracking Zone hal 158-159

Foto Credit : http://www.dailymail.co.uk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s