12 Tips Mengelola Arus Kas dari YEC

Mengelola Arus kas sangat penting dan bisa dibilang nyawa suatu perusahaan yang baru berkembang. Kesalahan perhitungan dalam mengelola Kas maka, beeemmmm perusahaan bisa dalam kondisi Siaga 1 atau mungkin sampai kondisi Awas, atau mungkin bangkrut. Berikut beberapa tips dari Young Entrepreneur Council ( YEC ), salah satunya organisasi yang terdiri dari pengusaha muda paling menjanjikan di dunia.

1 . Keluarkan perlahan dan terus menerus(stabil)

Tidak ada alasan untuk mengambil resiko keuangan yang tinggi banding yang kita butuhkan ketika bisnis kamu belum menguntungkan. Alokasikan dana untuk operasi bisnis utama dan penting yang akan membawa kita ke profitabilitas pertama. Dengan memastikan kita menghabiskan hanya pada operasi penting/utama, kita dapat mengurangi jumlah utang kita kumpulkan dan yang mana merupakan risiko keuangan kita ambil pada bisnis kita. “Fehzan Ali, Adscend Media LLC”

2 . Outsource untuk menyimpan biaya “Hire”

Kita tidak ingin kehabisan uang sebelum kita bahkan mendapatkan apa yang kita tanam, sehingga kita perlu untuk menghitung dan memantau kas yang kita gunakan. Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan pengeluaran kas kita adalah melakukan outsourcing bagian-bagian sampingan seperti akuntansi, keuangan dan SDM . Outsourcing lebih baik dari pada hire, memberikan penghematan yang signifikan yang membantu mengurangi struktur biaya kita. “David Ehrenberg , Early Growth Financial Services”

3 . Tawarkan Diskon Kecil kepada pelanggan yang membayar lebih cepat

Menawarkan diskon kecil untuk pelanggan yang membayar tagihan lebih cepat. Mungkin tidak hanya meningkatkan arus kas, tetapi akan membuat pelanggan kita terkesan dan memastikan hubungan kerjasama jangka panjang. “Andrew Schrage , Money Crashers Personal Finance”

4 . Bayar Diri

Ini mungkin tampak kontra-intuitif , tetapi jika kita berinvestasi dan bekerja dalam bisnis kita, pastikan kita dapat membuang jauh stres dari diri kita. Membayar diri sendiri memiliki manfaat ganda membebaskan ruang pikiran kita dan membantu kita menyadari apa target arus kas riil yang bisnis kita perlukan. “Aaron Schwartz, Modify Watches”

5 . Negosiasikan Syarat Piutang

Dalam bisnis pertama saya, jangka waktu pembayaran 90 hari benar-benar menghancurkan arus kas. Setelah beberapa email dengan dua klien terbesar saya , saya menegosiasikan syarat ke 15 hari dan 30 hari . Jika saya tidak membuat langkah ini, saya tidak yakin saya akan mampu melewati tahap awal bisnis saya. Jika bisnis kita berada di luar hukum atau industri medis, dapat disadari sebagian “standar industri” adalah negotiable. “Nick Reese , Microbrand Media”

6 . Tahu tingkat pengeluaran kita

Saya sering menemukan pengusaha tahap awal yang tidak tahu berapa banyak uang yang mereka habiskan tiap bulannya . Sebagai pendiri, kita harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang keuangan kita sendiri . Khususnya, kita harus tahu berapa bulan kita miliki sampai kita kehabisan uang tunai. Juga, kita harus tahu berapa banyak kita habiskan untuk penelitian dan pengembangan, penjualan dan pemasaran dan biaya umum dan administrasi. “Bhavin Parikh, Magoosh Test Prep”

7 . Minta pelanggan bayar di muka

Kami memerlukan pembayaran dimuka dari para pelanggan kami. Hal ini membuat arus kas yang sehat dan keseimbangan piutang kami rendah. Kebanyakan pelanggan kami adalah usaha kecil juga, dan kami transparan tentang alasan kami membutuhkan pembayaran dimuka . Karena kami selalu mengirim produk kami dengan tepat waktu, pelanggan kami mempercayai kami untuk melakukan apa yang telah kami janjikan.
“Sarah Schupp, UniversityParent”

8 . Mengimbangi di Saham

Jangan malu untuk meminta ke karyawan atau rekan pendiri lain untuk ambil bagian dalam saham kita, sampai kita dapat mengubah itu menjadi profit sebagai sebuah tim. Tidak hanya akan membantu arus kas perusahaan, tetapi juga akan menjadikan motivasi ekstra bagi mereka untuk membantu mengubahnya menjadi profit.
“Nicolas Gremion, Free-eBooks.net”

9 . Gunakan Charge Card

Banyak pengusaha tidak tahu tentang manfaat dari Charge Card dibandingkan Credit Card. Charge Card menawarkan batas pengeluaran yang jauh lebih besar, meskipun biaya tidak dapat dibiayai selama jangka waktu yang panjang . Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan arus kas selama periode singkat ( sementara Anda menunggu piutang , misalnya), sebuah Charge Card adalah cara terbaik untuk secara drastis meningkatkan daya beli Anda. “Brittany Hodak , ‘ ZinePak”

10 . Kumpulkan Pembayaran Pelanggan Pertama

Cobalah untuk mempertahankan siklus konversi kas negatif, di mana Anda mengumpulkan pembayaran dari pelanggan sebelum Anda membayar pemasok untuk biaya pokok penjualan atau bahkan biaya pemasaran. “David Hauser, Grasshopper”

11 . Negosiasikan Semuanya

Kami tidak pernah menerima harga awal untuk setiap layanan atau produk. Hampir selalu ada beberapa fleksibilitas, dan jika Anda tidak meminta , Anda tidak akan pernah tahu.
“Derek Flanzraich, Greatist”

12 . Tunda Hiring

Jangan hiring sampai Anda yakin Anda telah menemukan kesesuaian produk ke pasar. Hiring tidak membuat perusahaan Anda keren. Membuat uang tidak!. Setelah Anda hire , rate pengeluaran naik, dan akan lebih sulit untuk mencapai profitabilitas dan bahkan sulit untuk mengumpulkan uang lebih banyak . Setiap pilihan yang Anda buat – hiring , pengeluaran pemasaran, dll. Akan mempengaruhi kapan perusahaan Anda menjadi menguntungkan. “Sarah Ware , Markerly”

Demikian tips pengelolaan arus kas dari beberapa pengusaha muda yang menjanjikan di dunia, kumpulan tip yang hebat kita dapat menerapkannya jika sesuai dengan keadaan masing-masing.

Jika ingin lebih lanjut mempelari arus kas dan tip-tip menghindari kebangkrutan bisnis anda, klik disini

Sumber : http://under30ceo.com/12-cash-flow-tips-new-startups/

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s